Anak Muda Lampung masih Idolakan PNS sebagai Pekerjaan

Senin, 14 Januari 2008 15:04 WIB
Anak Muda Lampung masih Idolakan PNS sebagai Pekerjaan

BANDAR LAMPUNG—MEDIA INDONESIA: Pegawai negeri sipil (PNS) masih jadi pekerjaan idola bagi anak muda lulusan sekolah dan perguruan tinggi di Provinsi Lampung, sehingga setiap kali seleksi calon PNS (CPNS) diselenggarakan, dijubeli pelamar melebihi formasi yang tersedia, dan diduga membuka peluang praktik menghalalkan segala cara untuk bisa meraih kursi PNS itu.

Sejumlah aktivis mahasiswa, kalangan LSM, praktisi, dan profesional maupun akademisi, di Bandar Lampung, Senin (14/1), membenarkan, kecenderungan PNS masih menjadi rebutan para lulusan sekolah maupun perguruan tinggi, dengan harapan besar bisa menjadi pegawai pemerintah yang kehidupannya dianggap akan lebih terjamin dari pekerjaan lainnya.

"Sebenarnya kondisi seperti itu, antara lain akibat kekeliruan sistem pendidikan dan kurikulum sekolah sampai di perguruan tinggi yang minim memberikan bekal ketrampilan dan jiwa kewirausahaan," kata Direktur Eksekutif LSM Lampung Idea (LEad) Institute Diah Dharma Yanti pula.

Menurut Diah, para lulusan sekolah dan perguruan tinggi itu tidak dapat disalahkan begitu saja, tanpa secepatnya membenahi sistem pendidikan yang keliru, sehingga hanya bisa mencetak mereka yang berorientasi sebagai PNS semata.

Namun menurut akademisi dari FISIP Universitas Lampung (Unila) Arizka Warganegara, di negara berkembang yang kondisi sosial, politik, dan ekonominya relatif belum stabil seperti di Indonesia, pekerjaan sebagai PNS masih akan menjadi prioritas dan idola, dibandingkan pekerjaan lain pada sektor swasta maupun dunia usaha dan bidang informal lainnya.

"Masyarakat akan tetap berorientasi mencari pekerjaan yang paling aman dan paling nyaman, dengan peluang meraih jabatan, mendapatkan fasilitas dan kelebihan lain yang diinginkan," kata Arizka.

Pengamat kebijakan publik Ilham Malik juga menegaskan, menjadi PNS akan memberikan peluang dapat meraih kursi kekuasaan dengan fasilitas yang menjadi iming-iming bagi setiap orang, dibandingkan menjadi pegawai swasta atau pekerjaan non PNS lainnya.

Dia memperkirakan, kondisi seperti itu akan berubah ketika masyarakat menjadi semakin maju dan terbuka serta demokratis dengan posisi yang semakin mantap dan sejahtera (welfare society), sehingga tidak lagi sepenuhnya bergantung pada pemerintah.

"Kalau masyarakat sudah semakin mapan dan negara kita semakin maju serta demokratis, orientasi pada pekerjaan hanya menjadi PNS itu, lambat laun akan hilang dengan sendirinya," kata dosen Universitas Bandar Lampung (UBL) itu.

Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Lampung (Unila), Slamet Riyadi membenarkan, di kalangan mahasiswa orientasi menjadi PNS setelah lulus masih sangat dominan dan sulit untuk dihilangkan.

Namun dia mengharapkan, setiap kali seleksi CPNS itu, hendaknya dibarengi dengan sistem dan pola rekrutmen yang baik dengan jaminan objektivitas di dalamnya, agar dapat merekrut calon PNS terbaik dari pelamar yang tersedia.

"Kalau rekrutmen PNS itu masih membuka peluang banyak praktik KKN, sulit berharap birokrasi akan menjadi lebih baik kinerjanya di masa depan, serta para PNS itu pun masih tetap akan bukan berorientasi pada bekerja optimal melainkan akan berusaha mengembalikan modal biaya untuk masuk melalui praktik sogok menyogok di dalamnya," katanya pula.

Sejumlah elemen kritis di Lampung itu mengharapkan seleksi Calon PNS Daerah (CPNSD) di seluruh kabupaten/kota dan Provinsi Lampung formasi tahun 2007 yang dilaksanakan pada awal tahun 2008 ini, harus terus dikontrol dan dikritisi agar tidak memberikan peluang oknum pejabat maupun birokrat dan pihak tertentu menjadikan sebagai ajang jual beli kursi PNS untuk memperkaya diri.

Praktik KKN dan seleksi PNS yang tidak objektif, pada akhirnya akan semakin memperburuk citra dan sulit untuk membenahi kinerja jajaran birokrasi di Lampung di masa yang akan datang. (Ant/OL-06)

Komentar

Beyond Good And Evil mengatakan…
gw ad nih account rapid mpe september 2008,, tapi plis bgt jgn diganti passwordny,,, bwt kita pake brg2,,,ok!!!
nih ada juga cara bwt dpt accountnya,,,gw ad nih account rapid mpe september 2008,, tapi plis bgt jgn diganti passwordny,,, bwt kita pake brg2,,,ok!!!
nih ada juga cara bwt dpt accountnya,,,

http://rapidshare.com/files/144332285/List_rapidshare_premium_user_accounts_by_september_2008.zip

Postingan Populer